BUKA JAM 09.00 - 21.00 WITA, Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Peluang Bisnis Fotokopi

Peluang Bisnis Fotokopi

Diposting pada 26 January 2015 oleh fotokopimurah

Peluang Usaha

 

 

 

Fotokopi merupakan merupakan salah satu layanan yang sangat dibutuhkan dikalangan pelajar, mahasiswa, kantoran dan profesional. Peluang usaha fotokopi bisa dijadikan salah satu ide wirausaha, karena usaha fotokopi ini merupakan kebutuhan dan penunjang kelancaran aktifitas kinerja bagi mereka. Usaha fotokopi banyak sekali ditemukan di lingkungan sekolah, kampus, perkantoran, pemerintahan, atau lingkungan perumahan padat penduduk.

Meskipun begitu usaha fotokopi ini tetap merupakan salah satu peluang usaha yang menggiurkan karena cakupan pasarannya yang sangat luas, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga masyarakat umum.Hanya dengan modal usaha 10-15 juta anda sudah dapat menjalankan bisnis cukup menjanjikan ini. Jadi anda tidak usah ragu untuk menjalankan usaha fotokopi ini.

Usaha fotokopi tidak akan pernah mati, karena semakin berkembangnya perekonomian, pendidikan maka usaha ini akan semakin banyak dibutuhkan.Usaha ini tidak akan lekang waktu selama kertas masih dipakai sebagai media penulisan dan mencetak. Bagaimana dengan prospeknya? Peluang usaha fotokopi mempunyai prospek yang sangat bagus, prospek yang sangat cerah dalam jangka yang lama dan sangat-sangat menggiurkan, bayangkan saja setiap palajar, mahasiswa dan semua instansi pasti membutuhkan layanan fotokopi. Namun untuk menjalankan usaha ini anda harus strategi-strategi khusus agar usaha anda lancar.

Selain fotokopi, banyak hal yang bisa ditawarkan dalam menjalankan usaha ini, diantaranya menjilid, scan dokumen, printing, ketik, pulsa, cetak foto dan laminating serta bisa juga menyediakan berbagai macam kebutuhan ATK dan sebaiknya anda sediakan juga minuman, makanan ringan dan kursi santai/ruang tunggu agar konsumen nyaman ketika menunggu hasil kerja anda. Bisanya pelaku usaha fotokopi ini bisa meraup keuntungan yang besar.

 

A. Memulai Bisnis fotokopi

Jika Anda tertarik menekuni bisnis ini, perhatikanlah beberapa hal dberikut ini untuk terus mengembangkan usaha ini hingga sukses. Jadi, Anda tidak akan mudah menyerah apabila hambatan merintang, misalnya harga BBM naik sehingga biaya listrik ikut naik, harga kertas mahal, dan sebagainya. Anda harus siap dengan apa pun yang akan terjadi.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan saat Memulai Bisnis Fotokopi

Ada hal-hal yang perlu di perhatikan saat memulai bisnis fotokopi sebagai berikut:

  1. Pilih lokasi strategis, misalnya lingkungan sekolah, kampus, perkantoran, pemerintahan, atau lingkungan tempat tinggal. Ingat, carilah lokasi yang minim kompetitor. Namun, jika pun ada pesaing, Anda harus dapat lebih unggul dalam hal pelayanan atau kualitas hasil fotokopi.
  2. Belilah mesin fotokopi yang berkualitas baik. Mintalah “black copy” untung mengetahui kualitas dari drum mesin fotokopi, kualitas drum yang bagus sangat menentukan hasil dari fotokopi itu sendiri. Ingat, telitilah sebelum membeli jika tidak ingin repot di tengah jalan karena ada kerusakan atau hasil yang tidak memuaskan.
  3. Carilah sumber grosir penjual kertas dengan harga miring. Untuk usaha ini, minimal Anda memiliki stok kertas sebanyak 5 rim/hari atau bahkan lebih jika omzetnya tinggi.
  4. Terampil memproses fotokopi. Dalam hal ini, Anda harus memahami seluk-beluk mesin dan cara memfotokopi yang baik dan benar. Selain itu, Anda pun harus cekatan. Untuk hal ini memang dapat dilakukan oleh karyawan Anda, namun Anda tetap harus memberikan panduan agar pemrosesan fotokopi berjalan dengan baik, cepat, dan berkualitas baik alias tidak buram atau kotor akibat tinta.

B. Hambatan Bisnis

Setiap usaha pasti ada resiko yang harus kita ambil termasuk juga bisnis fotokopi ini . Nah, berikut beberapa hambatan dalam menjalankan bisnis ini,

Mesin fotokopi rusak atau error sehingga harus diperbaiki terlebih dahulu yang membutuhkan waktu agak lama. Harga BBM naik sehingga biaya litrik ikut naik dan harga kertas juga naik, Banyak pesaing di sekitar lokasi usaha.

Perlu Anda ingat bahwa hal-hal tersebut tidak untuk dijadikan penghalang yang berarti, tapi jadikanlah hal tersebut sebagai pemicu Anda dalam berpikir, berkreasi, dan berinovasi bagaimana caranya usaha ini dapat terus berkembang dan bertahan meskipun beragam hambatan menghadang.

C. Strategi Bisnis fotokopi

Agar bisnis fotokopi anda berkembang anda perlu strategi yang jitu untuk menjaga bisnis anda tetap stabil dan maju. berikut di bawah ini adalah rahasia strategi bisnis fotokopi :

1.Harga atau biaya fotokopi tidak boleh lebih mahal dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Sesuai harga pasaran, biaya fotokopi adalah Rp. 75,00 – Rp. 100,00 per lembarnya . Namun, jika Anda mematok Rp. 100,00 – Rp. 125,00 per lembar, kualitas pun menjadi jaminan kuat, misalnya Anda menggunakan kertas HVS 70 gram dengan kualitas tinta fotokopi dan hasil yang lebih baik dan bersih. Jadi, kompetitiflah dalam menentukan harga. Ilustrasi harga diatas disesuaikan dengan harga setempat, bisa berubah sesuai kondisi yang ada.

2.Buatlah perbedaan dengan usaha sejenis yang lain dalam hal pelayanan, yaitu pelayanan yang lebih cepat, ramah, bersih, hasil fotokopi jelas, dan bekerja secara efektif dan efisien.
3.Aturlah tata letak ruang usaha dengan baik. Usahakan aliran pekerjaan dari pesanan, pekerjaan diproses, hingga hasil fotokopi yang sudah jadi diatur secara efisien dan bersih. Pelanggan yang antri dilayani secara baik. Ingat, jangan beri kesempatan pelanggan yang datang belakangan untuk dilayani duluan. Hal ini akan mengecewakan pelanggan yang datang duluan.

4.Kualitas produk harus tetap dipertahankan dengan mengganti mesin fotokopiy yang sudah tidak layak pakai. Beri jaminan kepada pelanggan untuk segera mengembalikan hasil fotokopi yang tidak jelas dengan fotokopi yang jelas secara gratis.

5.Pelayanan harus cepat, pekerjaan rapi, janji selesai tepat waktu.
Lengkapi usaha Anda dengan melayani jasa penjilidan, laminasi, serta berjualan ATK.

6.Selalu ramah kepada pelanggan adalah nilai plus tersendiri. Jika perlu sediakan waktu beberapa menit sambil bekerja untuk mengajak pelanggan mengobrol.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan saat memulai bisnis fotokopi semoga bermanfaat.

 

Bagikan informasi tentang Peluang Bisnis Fotokopi kepada teman atau kerabat Anda.

Peluang Bisnis Fotokopi | FotoKopi Murah

Komentar dinonaktifkan: Peluang Bisnis Fotokopi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan